6 Tips Arung Jeram atau rafting

6 Tips Arung Jeram atau Rafting yang Wajib Anda Ketahui

Arung jeram merupakan salah satu olahraga yang bisa memacu adrenalin. Olahraga ini juga menjadi salah satu sektor pariwisata yang sangat menjanjikan. Arung jeram juga sering disebut dengan rafting. Karena olahraga yang satu ini sangat menantang adrenalin Anda, maka terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

6 Tips Arung Jeram atau rafting

Seperti berikut ini merupakan tips arung jeram untuk Anda yang masih pemula. Tips-tips berikut ini sangat penting untuk diperhatikan agar saat melakukan arung jeram tetap mengutamakan keselamatan. Olahraga rafting atau arung jeram menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

[irp posts=”238″ name=”Mengulik Sejarah Arung Jeram “]

Bahkan oleh Anda yang tidak bisa berenang sekalipun bisa melakukan olahraga menantang yang satu ini. Agar aman dan selamat saat melakukan rafting, inilah hal-hal yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan rafting.

  1. Kondisi Tubuh

Tips rafting yang aman yang harus Anda lakukan sebelum melakukan rafting atau arung jeram, Anda harus mengetahui dan cek kondisi tubuh Anda. Apakah Anda dalam kondisi sehat atau sakit. Sebaiknya bagi Anda yang ingin melakukan rafting, kondisi tubuh yang sehat sangat diutamakan.

cek kondisi tubuh sebelum rafting

Hal tersebut untuk menghindari adanya kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti pingsan, kram, dan sebagainya. Selain itu, apabila Anda merupakan orang yang tidak bisa berenang, pastikan Anda konfirmasi kepada petugas atau pemandu rafting bahwa Anda tidak bisa berenang. Rafting merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh kalangan dewasa hingga anak-anak.

Minimal untuk mengikuti olahraga ini yaitu usia 6 tahun. Selain itu, usia mengikuti olahraga rafting juga akan berbeda-beda tergantung dengan tingkat kesulitan dari masing-masing medan.

  1. Perlengkapan

Saat akan melakukan olahraga rafting, perlengkapan Anda harus benar-benar dipersiapkan. Perlengkapan untuk rafting yang harus dikenakan yaitu helm pelindung serta pelampung yang berupa jaket (life jacket). Menggunakan perlengkapan saat akan melakukan rafting sangat wajib.

perlengkapan rafting atau arung jeram

Karena hal tersebut bertujuan untuk menjaga keselamatan Anda. Hal yang harus diperhatikan pada tips arung jeram untuk pemula selain perlengkapan, yaitu menggunakan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh.

Hal tersebut untuk menghindari ketidaknyamanan saat rafting. Sebaiknya anda mengenakan kaos dan celana pendek yang berbahan cepat kering. Untuk alas kaki, anda bisa mengenakan sandal gunung agar semakin nyaman.

  1. Pemanasan

Tips persiapan rafting untuk pemula yang selanjutnya yaitu melakukan pemanasan atau olah raga ringan (warming up). Pemanasan cukup penting dilakukan agar menghindari adanya kram saat ditengah-tengah medan.

warming up sebelum rafting

Terlebih lagi, Anda akan mendayung perahu cukup lama sehingga jika Anda tidak melakukan pemanasan, kemungkinan keram pada tangan bisa saja terjadi.

Sehingga untuk menghindari hal tersebut, melakukan pemanasan untuk pelenturan tangan dan kaki sangat penting, supaya otot pada kaki lemas dan tidak kaku.

  1. Posisi Duduk Nyaman

Selain perlengkapan posisi duduk ternyata juga harus diperhatikan. Posisi duduk saat rafting yang nyaman yaitu berada pada sisi kiri maupun sisi kanan. Hal tersebut agar bisa menyeimbangkan tubuh dengan mudah.

posisi duduk di atas perahu rafting

Namun, tak jarang posisi duduk akan diatur oleh pemandu rafting sesuai dengan berat badan peserta. Hal tersebut agar perahu tidak mudah oleng dan tetap seimbang. Posisi duduk juga menentukan cara mengayuh dayung.

  1. Cara Dayung

Rafting menjadi salah satu olahraga yang harus diperhatikan dengan benar mengenai tata caranya. Sehingga tips rafting agar aman untuk pemula selanjutnya yaitu paham mengenai cara dayung yang benar. Cara dayung akan di instruksikan oleh pemandu rafting.

cara mendayung perahu rafting

Saat pemandu mengajarkan mengenai cara dayung, pastikan anda memperhatikan betul, karena jika salah maka dayung bisa melukai orang lain bahkan diri sendiri saat mendayung.

  1. Cara Mengayuh

Tak hanya cara dayung saja yang harus diperhatikan. Ternyata cara mengayuh juga harus diperhatikan. Cara mengayuh sangat erat kaitannya dengan aba-aba agar rafting bisa berjalan dengan lancar. Biasanya instruktur akan mengajarkan bagaimana cara mengayuh yang benar.

cara mengayuh perahu rafting

Selain itu, terdapat aba-aba seperti ‘kanan’, ‘kiri’, kemudian ‘maju’ dan ‘mundur’. Sehingga pastikan Anda memperhatikan aba-aba dan instruksi yang diucapkan oleh pemandu.

Itulah 6 tips bagi anda yang ingin bermain arung jeram atau rafting.

Jika informasi ini bermanfaat silahkan anda share !